Introduction Knowledge Management
Apa itu Knowledge Management ?
Mungkin ada sebagian
dari kita yang belum mengetahui apa itu "Knowledge management" . Dari
kata nya kita bisa menangkap secara orang awam bahwa "knowledge"
adalah pengetahuan dan management adalah pengelolaan. Dari potongan arti itu
kita dapat mengambil kesimpulan sementara bahwa knowledge management adalah
suatu cara atau metode bagaimana kita mengelola suatu pengetahuan yang dimiliki
agar dapat digunakan menjadi suatu hal yang berguna. Mari kita lihat bagaimana
pendapat dari para ahli tentang knowledge management,
1. Menurut Shelda
Debowski, 2006, Knowledge Management adalah proses dalam mengidentifikasi,
menangkap, mengorganisasi dan menyebarkan aset -aset intelektual yang sangat
penting untuk kinerja jangka panjang organisasi.
2. Menurut Nonaka dan
Takeuchi, 1995, Knowledge Management adalah proses penerapan pendekatan
sistematis untuk menangkap, menstruktur, mengelola, dan menyebarkan pengetahuan
di seluruh organisasi agar dapat digunakan untuk bekerja lebih cepat,
menggunakan kembali 'best practice' , dan dapat mengurangi biaya mahal dari proyek
ke proyek yang sudah pernah dikerjakan.
3. Menurut 'The
Business Dictionary' , Knowledge Management adalah Strategi dan proses
yang dirancang untuk mengidentifikasi, menangkap, struktur, nilai, pengaruh,
dan berbagi aset intelektual organisasi untuk meningkatkan kinerja dan daya
saing.
4. Tiwana (1999) mendefinisikan knowledge
management secara luas dalam arti memanajemeni pengetahuan sebagai “
...management of organizational knowledge for creating business value and
generating a competitive advantage.” Knowledge Management memberikan kemampuan
untuk mencipta, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan yang diperlukan
dan berguna bagi pencapaian semua jenis tujuan bisnis. Tiwana juga menjelaskan
“Knowledge management is the ability to create and retain greater value from
core business competencies." Knowledge Management menyelesaikan masalah
bisnis partikular mencakup penciptaan dan penyebaran barang atau jasa inovatif,
mengelola dan memperbaiki hubungan dengan para pelanggan, mitra dan pemasok,
juga mengadministrasi serta meningkatkan praktek dan proses kerja.
Jenis Knowledge Management
Sekarang mari kita lihat 2 jenis knowledge management, untuk lebih memahami lebih dalam tentang knowledge management.
Knowledge dibagi
menjadi dua jenis yaitu explicit knowledge dan tacit
knowledge, yang dapat dijabarkansebagai berikut :
a. Explicit Knowledge
Adalah sesuatu yang dapat diekspresikan dengan kata-kata dan angka, serta dapat disampaikan dalam bentuk ilmiah, spesifikasi, manual dan sebagainya. Knowledge jenis ini dapat segera diteruskan dari satu individu ke individu lainnya secara formal dan sistematis. Explicit knowledge juga adapat dijelaskan sebagai suatu proses, metode, cara, pola bisnis dan pengalaman desain dari suatu produksi.
a. Explicit Knowledge
Adalah sesuatu yang dapat diekspresikan dengan kata-kata dan angka, serta dapat disampaikan dalam bentuk ilmiah, spesifikasi, manual dan sebagainya. Knowledge jenis ini dapat segera diteruskan dari satu individu ke individu lainnya secara formal dan sistematis. Explicit knowledge juga adapat dijelaskan sebagai suatu proses, metode, cara, pola bisnis dan pengalaman desain dari suatu produksi.
b. Tacit Knowledge
Adalah knowledge dari para pakar, baik individu maupun masyarakat, serta pengalaman mereka.Tacit knowledge bersifat sangat personal dan sulit dirumuskan sehingga membuatnya sangat sulit untuk dikomunikasikan atau disampaikan kepada orang lain. Perasaan pribadi, intuisi, bahasa tubuh, pengalaman fisik serta petunjuk praktis (rule-of-thumb) termasuk dalam jenis tacit knowledge.
Elemen - Elemen Pokok Knowledge Management
1.People
Yang berarti Knowledge Management berasal dari orang. People merupakan bentuk dasar untuk membentuk knowledge baru. Tanpa ada orang tidak akan ada knowledge.
Yang berarti Knowledge Management berasal dari orang. People merupakan bentuk dasar untuk membentuk knowledge baru. Tanpa ada orang tidak akan ada knowledge.
2.Technology
Merupakan infrastruktur teknologi yang standar, konsisten, dan dapat diandalkan dalam mendukung alat-alat perusahaan.
3.Processes
Yang terdiri dari menangkap, menyaring, mengesyahkan, mentransformasikan, dan menyebarkan knowledge ke seluruh perusahaan dilengkapi dengan menjalankan prosedur dan proses tertentu
Komentar
Posting Komentar