Knowledge Management Models

THE ROLE OF ORGANIZATIONAL CULTURE

Introduction

         Budaya??? pasti kita semua telah mengetahui apa itu budaya, di setiap tempat memiliki budaya yang berbeda-beda,begitu juga dengan sebuah organisasi. Organisasi memiliki budaya perusahaan masing-masing. Budaya mengacu pada nilai-nilai yang mendasari, keyakinan, dan kode praktek yang membuat sebuah komunitas apa itu. Kebiasaan masyarakat, citra diri anggotanya, hal-hal yang membuatnya berbeda dari masyarakat lain, adalah budayanya.
Budaya telah lama menjadi agenda teori manajemen. Perubahan budaya berarti harrus mengubah etos perusahaan, dan gambar dan nilai-nilai yang menginformasikan tindakan. Ini cara baru untuk memahami kehidupan organisasi harus dibawa ke dalam proses manajemen.
         Beberapa elemen kunci dari budaya organisasi antara lain:
(1) Nilai-nila dinyatakan dan Tidak dinyatakan,
(2) Harapan yang jelas dan tersirat untuk perilaku anggota,
(3) Custom dan ritual,
(4) Cerita dan mitos tentang sejarah grup,
(5) "Shop Talk"- khas bahasa yang digunakan dalam dan sekitar kelompok,
(6) Iklim - perasaan yang ditimbulkan oleh anggota dengan cara berinteraksi dengan satu sama lain, dengan pihak luar, dan dengan lingkungan mereka, termasuk ruang fisik yang mereka tempati,
(7) Metafora dan simbol - mungkin tidak sadar atau diwujudkan dalam unsur-unsur budaya lainnya.

Jenis-Jenis Budaya Organisasi
       Menurut Goffee dan Johns (2000), mengidentifikasi empat jenis budaya organisasi, yang mereka buat dengan menggunakan dua dimensi.
1. Dimensi pertama , Sosialisasi adalah ukuran untuk keramahan. Budaya bersosialisasi yang tinggi menunjukkan       bahwa orang-orang dalam budaya cenderung bersikap ramah satu sama lain tanpa mengharapkan sesuatu sebagai balasannya.
2. Dimensi kedua , Solidaritas adalah ukuran untuk orientasi tugas. Solidaritas yang tinggi berarti bahwa orang dapat bekerja dengan baik bersama menuju tujuan bersama, bahkan ketika mereka memiliki perselisihan pribadi atau konflik.
Analisis Budaya Organisasi
      Shein (1992) menguraikan tiga tingkat budaya. Ketiga Tingkat ini adalah menjadi dasar dari semua nilai-nilai dan tindakan.
1. Artifacts - Struktur organisasi perusahaan dan Proses yang terlihat.
2. Values - Strategi, tujuan, filosofi dan pembenaran dinyatakan.
3. Assumptions - Asumsi dasar yang mendasari, tidak sadar, diambil untuk diberikan kepercayaan, persepsi, pikiran dan perasaan.


Berbagi pengetahuan memiliki karakteristik sebagai berikut:
 1.  Reward struktur - pengakuan untuk berbagi pengetahuan dengan teman sebaya,
 2.  Keterbukaan / transparansi - Agenda yang tidak tersembunyi,
3.  Pendukung Sharing - komunikasi dan koordinasi antara kelompok-kelompok,
4.  Kepercayaan - Tujuan bersama,
5.  Dukungan dari top management - komunikasi ke atas dan komunikasi ke bawah.

Organizational Maturity Model
Maturity model adalah model deskriptif dari tahapan yang dilalui organisasi berkembang karena mereka menentukan, melaksanakan, terus berkembang dan meningkatkan proses mereka.

The Capability Maturity Model (CMM) adalah model organisasi yang menggambarkan lima tahap evolusi (tingkat) di mana sebuah organisasi mengelola proses tersebut.
Ada Lima tahap dari  CMM adalah:
1. Initial: Proses adalah untuk hal ini, kacau atau jarang didefinisikan.
2. Repeatable: Proses Dasar ditetapkan dan ada tingkat disiplin untuk tetap pada proses ini.
3. Defined: Semua proses didefinisikan, didokumentasikan dan standar dan terintegrasi satu sama lain.
4. Managed: Proses diukur dengan mengumpulkan data rinci mengenai proses dan kualitas mereka.
5. Optimizing: perbaikan proses terus-menerus diadopsi dan di tempat oleh umpan balik kuantitatif dan dari uji coba ide-ide dan teknologi baru.

Berikut akan disampaikan tahapan-tahapan kedewasaan organisasi:
Kesimpulan nya adalah setiap perusahaan memiliki budaya organisasi yang berbeda-beda, sebuah perusahaan yang dewasa dapat dilihat dari budaya perusahaanya. Budaya perusahaan memiliki pengaruh dan hubungan yang sangat erat dalam meningkatnya Knowledge management pada perusahaan. Semakin baik budaya pada perusahan tersebut maka semakin baik pula implementasi Knowledge management pada perusahaan tersebut. 


Komentar

Postingan Populer