Knowledge Management Models
THE ROLE OF ORGANIZATIONAL CULTURE
Introduction
Budaya??? pasti kita semua telah mengetahui apa itu budaya, di
setiap tempat memiliki budaya yang berbeda-beda,begitu juga dengan sebuah
organisasi. Organisasi memiliki budaya perusahaan masing-masing. Budaya mengacu
pada nilai-nilai yang mendasari, keyakinan, dan kode praktek yang membuat
sebuah komunitas apa itu. Kebiasaan masyarakat, citra diri anggotanya, hal-hal
yang membuatnya berbeda dari masyarakat lain, adalah budayanya.
Budaya telah lama
menjadi agenda teori manajemen. Perubahan budaya berarti harrus mengubah etos
perusahaan, dan gambar dan nilai-nilai yang menginformasikan tindakan. Ini cara
baru untuk memahami kehidupan organisasi harus dibawa ke dalam proses
manajemen.
Beberapa elemen kunci dari budaya organisasi antara lain:
(1) Nilai-nila
dinyatakan dan Tidak dinyatakan,
(2) Harapan yang jelas
dan tersirat untuk perilaku anggota,
(3) Custom dan ritual,
(4) Cerita dan mitos
tentang sejarah grup,
(5) "Shop
Talk"- khas bahasa yang digunakan dalam dan sekitar kelompok,
(6) Iklim - perasaan
yang ditimbulkan oleh anggota dengan cara berinteraksi dengan satu sama lain,
dengan pihak luar, dan dengan lingkungan mereka, termasuk ruang fisik yang
mereka tempati,
(7) Metafora dan simbol
- mungkin tidak sadar atau diwujudkan dalam unsur-unsur budaya lainnya.
Jenis-Jenis Budaya Organisasi
Menurut Goffee dan Johns (2000), mengidentifikasi empat jenis budaya
organisasi, yang mereka buat dengan menggunakan dua dimensi.
1. Dimensi pertama ,
Sosialisasi adalah ukuran untuk keramahan. Budaya bersosialisasi yang tinggi
menunjukkan bahwa orang-orang dalam budaya cenderung
bersikap ramah satu sama lain tanpa mengharapkan sesuatu sebagai balasannya.
2. Dimensi kedua , Solidaritas
adalah ukuran untuk orientasi tugas. Solidaritas yang tinggi berarti bahwa
orang dapat bekerja dengan baik bersama menuju tujuan bersama, bahkan ketika
mereka memiliki perselisihan pribadi atau konflik.
Analisis Budaya Organisasi
Shein (1992) menguraikan tiga tingkat budaya. Ketiga Tingkat ini adalah menjadi
dasar dari semua nilai-nilai dan tindakan.
1. Artifacts -
Struktur organisasi perusahaan dan Proses yang terlihat.
2. Values - Strategi,
tujuan, filosofi dan pembenaran dinyatakan.
3. Assumptions -
Asumsi dasar yang mendasari, tidak sadar, diambil untuk diberikan kepercayaan,
persepsi, pikiran dan perasaan.
Berbagi pengetahuan
memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Reward
struktur - pengakuan untuk berbagi pengetahuan dengan teman sebaya,
2.
Keterbukaan / transparansi - Agenda yang tidak tersembunyi,
3. Pendukung
Sharing - komunikasi dan koordinasi antara kelompok-kelompok,
4. Kepercayaan -
Tujuan bersama,
5. Dukungan dari
top management - komunikasi ke atas dan komunikasi ke bawah.
Organizational Maturity Model
Maturity model adalah
model deskriptif dari tahapan yang dilalui organisasi berkembang karena mereka
menentukan, melaksanakan, terus berkembang dan meningkatkan proses mereka.
The Capability
Maturity Model (CMM) adalah model organisasi yang menggambarkan lima tahap
evolusi (tingkat) di mana sebuah organisasi mengelola proses tersebut.
Ada Lima tahap dari
CMM adalah:
1. Initial: Proses
adalah untuk hal ini, kacau atau jarang didefinisikan.
2. Repeatable: Proses
Dasar ditetapkan dan ada tingkat disiplin untuk tetap pada proses ini.
3. Defined: Semua
proses didefinisikan, didokumentasikan dan standar dan terintegrasi satu sama
lain.
4. Managed: Proses
diukur dengan mengumpulkan data rinci mengenai proses dan kualitas mereka.
5. Optimizing:
perbaikan proses terus-menerus diadopsi dan di tempat oleh umpan balik
kuantitatif dan dari uji coba ide-ide dan teknologi baru.
Berikut akan
disampaikan tahapan-tahapan kedewasaan organisasi:
Kesimpulan nya adalah
setiap perusahaan memiliki budaya organisasi yang berbeda-beda, sebuah
perusahaan yang dewasa dapat dilihat dari budaya perusahaanya. Budaya
perusahaan memiliki pengaruh dan hubungan yang sangat erat dalam meningkatnya
Knowledge management pada perusahaan. Semakin baik budaya pada perusahan
tersebut maka semakin baik pula implementasi Knowledge management pada
perusahaan tersebut.
Komentar
Posting Komentar