Knowledge Sharing and Communities of practice
Community
of Practice (CoP)?
“Sekelompok orang yang memiliki identitas umum, kepentingan profesional dan melakukan untuk berbagi, berpartisipasi dan membangun persekutuan”
(American Heritage Dictionay, Pickett, 2000).
Hal ini juga dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang bersama dengan sumber daya yang berkumpul untuk memanfaatkan pengetahuan bersama, dalam rangka meningkatkan pembelajaran dan menciptakan nilai bersama untuk kelompok (Seufert, von Krogh, dan Bach , 1999; Adams dan Freemand, 2000).
The
Social Nature of Knowledge
KM
melihat pengetahuan sebagai sesuatu yang secara aktif dibangun dalam lingkungan
sosial (McDermott, 2000). Anggota kelompok menghasilkan pengetahuan dengan
interaksi mereka, dan memori kelompok.Sebagai individu dan kelompok yang
berkomunikasi, mereka saling mempengaruhi pandangan satu sama lain dan membuat
atau mengubah konstruksi sesuai realitas. The perspectice konstruktivis sosial
melihat pengetahuan sebagai independen dan tidak dapat sepenuhnya dipisahkan
dari konteks.
Sociograms
and Social Network Analysis
Analisis
Jaringan Sosial (SNA) adalah pemetaan dan pengukuran hubungan dan mengalir di
antara orang-orang, kelompok, organisasi, komputer, atau badan pengolahan
informasi / pengetahuan lainnya. SNA dapat memetakan dan mengukur hubungan yang
mengalir di antara orang-orang, kelompok, organisasi, komputer, atau badan
pengolahan informasi / pengetahuan lainnya. SNA menyediakan baik visual dan
analisis matematis dari sistem manusia yang kompleks untuk mengidentifikasi
pola-pola interaksi seperti rata-rata jumlah hubungan antara orang-orang dalam
suatu organisasi atau komunitas, jumlah subkelompok, kemacetan informasi,
broker pengetahuan, dan penimbun pengetahuan.
Knowledge
Sharing Communities
Sejauh tahun 1887, Ferdinand Tonnies membandingka lebih langsung, lebih total
dan lebih signifikan interaksi yang ditemukan di sebuah komunitas sebagai lawan
yang lebih formal, lebih abstrak dan lebih hubungan instrumen-driven yang
ditemukan di masyarakat (Loomis, 1957).Komunitas virtual pertama kali muncul
sekitar satu dekade setelah pembentukan Internet.
Jenis Komunitas:
Jenis Komunitas:
(1) Joint
enterprise : mengacu pada anggota yang ingin berinteraksi dengan satu sama
lain.
(2) Mutual
engagement: mengacu pada bagaimana anggota menjadi bagian dari masyarakat.
(3) Shared
repertoire: mengacu pada ruang kerja bersama di mana anggota dapat
berkomunikasi dengan satu sama lain, menyimpan dan berbagi pengetahuan produk,
profil dan sebagainya.
Obstacles
to Knowledge Sharing
gagasan
bahwa pengetahuan adalah properti dan kepemilikan yang sangat penting.
Gagasan bahwa pengetahuan adalah kekuatan Individu yang paling sering menghargai untuk apa yang mereka ketahui, bukan apa yang mereka berbagi.
Penyedia tidak yakin bahwa penerima akan memahami dan benar menggunakan pengetahuan atau penerima tentang kebenaran atau kredibilitas pengetahuan yang bersangkutan. Budaya organisasi dan iklim mungkin membantu atau menghalangi berbagi pengetahuan. sementara assesment dapat menunjukkan bahwa berbagi pengetahuan organisasi lemah karena salah satu atau semua faktor, dalam berbagi pengetahuan.
Gagasan bahwa pengetahuan adalah kekuatan Individu yang paling sering menghargai untuk apa yang mereka ketahui, bukan apa yang mereka berbagi.
Penyedia tidak yakin bahwa penerima akan memahami dan benar menggunakan pengetahuan atau penerima tentang kebenaran atau kredibilitas pengetahuan yang bersangkutan. Budaya organisasi dan iklim mungkin membantu atau menghalangi berbagi pengetahuan. sementara assesment dapat menunjukkan bahwa berbagi pengetahuan organisasi lemah karena salah satu atau semua faktor, dalam berbagi pengetahuan.
Organizational
Learning and Social Capital
Modal
manusia mengacu pada pendidikan seseorang, keterampilan dan latar belakang yang
diperlukan untuk menjadi produktif dalam suatu organisasi atau profesi. Istilah
modal sosial telah diciptakan untuk merujuk pada lembaga, hubungan dan
norma-norma yang membentuk kualitas dan kuantitas interaksi sosial organisasi.
Modal sosial bukan hanya jumlah dari individu yang terdiri dan organisasi.
Komunitas
berbagi pengetahuan adalah produsen utama modal sosial, karena mereka
memberikan kesempatan bagi individu untuk mengembangkan jaringan dengan anggota
yang berbagi minat yang sesama profesional. Sebuah pemahaman yang lebih luas
dari modal sosial menyumbang kedua aspek positif dan negatif dengan memasukkan
asosiasi vertikal maupun horisontal antara orang-orang, dan termasuk perilaku
di antara organisasi, seperti perusahaan.
Komentar
Posting Komentar