Knowledge Sharing and Communities of practice





Community of Practice (CoP)?

“Sekelompok orang yang memiliki identitas umum, kepentingan profesional dan melakukan untuk berbagi, berpartisipasi dan membangun persekutuan”
(American Heritage Dictionay, Pickett, 2000).
Hal ini juga dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang bersama dengan sumber daya yang berkumpul untuk memanfaatkan pengetahuan bersama, dalam rangka meningkatkan pembelajaran dan menciptakan nilai bersama untuk kelompok (Seufert, von Krogh, dan Bach , 1999; Adams dan Freemand, 2000).

The Social Nature of Knowledge
KM melihat pengetahuan sebagai sesuatu yang secara aktif dibangun dalam lingkungan sosial (McDermott, 2000). Anggota kelompok menghasilkan pengetahuan dengan interaksi mereka, dan memori kelompok.Sebagai individu dan kelompok yang berkomunikasi, mereka saling mempengaruhi pandangan satu sama lain dan membuat atau mengubah konstruksi sesuai realitas. The perspectice konstruktivis sosial melihat pengetahuan sebagai independen dan tidak dapat sepenuhnya dipisahkan dari konteks.

Sociograms and Social Network Analysis
Analisis Jaringan Sosial (SNA) adalah pemetaan dan pengukuran hubungan dan mengalir di antara orang-orang, kelompok, organisasi, komputer, atau badan pengolahan informasi / pengetahuan lainnya. SNA dapat memetakan dan mengukur hubungan yang mengalir di antara orang-orang, kelompok, organisasi, komputer, atau badan pengolahan informasi / pengetahuan lainnya. SNA menyediakan baik visual dan analisis matematis dari sistem manusia yang kompleks untuk mengidentifikasi pola-pola interaksi seperti rata-rata jumlah hubungan antara orang-orang dalam suatu organisasi atau komunitas, jumlah subkelompok, kemacetan informasi, broker pengetahuan, dan penimbun pengetahuan.

Knowledge Sharing Communities
Sejauh tahun 1887, Ferdinand Tonnies membandingka lebih langsung, lebih total dan lebih signifikan interaksi yang ditemukan di sebuah komunitas sebagai lawan yang lebih formal, lebih abstrak dan lebih hubungan instrumen-driven yang ditemukan di masyarakat (Loomis, 1957).Komunitas virtual pertama kali muncul sekitar satu dekade setelah pembentukan Internet.
Jenis Komunitas:
(1) Joint enterprise : mengacu pada anggota yang ingin berinteraksi dengan satu sama lain.
(2) Mutual engagement: mengacu pada bagaimana anggota menjadi bagian dari masyarakat.
(3) Shared repertoire: mengacu pada ruang kerja bersama di mana anggota dapat berkomunikasi dengan satu sama lain, menyimpan dan berbagi pengetahuan produk, profil dan sebagainya.

Obstacles to Knowledge Sharing
gagasan bahwa pengetahuan adalah properti dan kepemilikan yang sangat penting.
Gagasan bahwa pengetahuan adalah kekuatan Individu yang paling sering menghargai untuk apa yang mereka ketahui, bukan apa yang mereka berbagi.
Penyedia tidak yakin bahwa penerima akan memahami dan benar menggunakan pengetahuan atau penerima tentang kebenaran atau kredibilitas pengetahuan yang bersangkutan. Budaya organisasi dan iklim mungkin membantu atau menghalangi berbagi pengetahuan. sementara assesment dapat menunjukkan bahwa berbagi pengetahuan organisasi lemah karena salah satu atau semua faktor, dalam berbagi pengetahuan.

Organizational Learning and Social Capital
Modal manusia mengacu pada pendidikan seseorang, keterampilan dan latar belakang yang diperlukan untuk menjadi produktif dalam suatu organisasi atau profesi. Istilah modal sosial telah diciptakan untuk merujuk pada lembaga, hubungan dan norma-norma yang membentuk kualitas dan kuantitas interaksi sosial organisasi. Modal sosial bukan hanya jumlah dari individu yang terdiri dan organisasi.
Komunitas berbagi pengetahuan adalah produsen utama modal sosial, karena mereka memberikan kesempatan bagi individu untuk mengembangkan jaringan dengan anggota yang berbagi minat yang sesama profesional. Sebuah pemahaman yang lebih luas dari modal sosial menyumbang kedua aspek positif dan negatif dengan memasukkan asosiasi vertikal maupun horisontal antara orang-orang, dan termasuk perilaku di antara organisasi, seperti perusahaan.


Komentar

Postingan Populer