Perbedaan antara e-business dan e-commerce
Internet telah membuat interaksi
bisnis menjadi multi-aspek. Sekarang orang bisa melakukan bisnis, seperti
membeli sesuatu, bertransaksi, dan menjalankan fungsi-fungsi bisnis melalui
internet. Konsumen dan pemilik/pengelola bisnis dapat mendapatkan dan melakukan
apa yang mereka inginkan tanpa harus meninggalkan beranjak dari tempat duduk,
selama terhubung dengan internet.
Istilah e-business dan e-commerce seringkali terlihat dan digunakan
untuk proses yang sama. Namun demikian, meskipun berhubungan, keduanya memiliki
arti yang berbeda. Awalan “e” berarti “elektronik”, yang berarti
kegiatan atau transaksi yang digunakan tanpa pertukaran atau kontak fisik.
Transaksi diadakan secara elektronik atau digital, sesuatu dibuat menjadi
mungkin dengan pesatnya perkembangan komunikasi digital.
E-commerce berarti transaksi bisnis melalui internet di mana
pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang
dilakukan dalam e-commerce pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer)
atau penyerahterimaan (handing over) kepemilikan dan hak atas produk
atau jasa.
Secara teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena, menurut definisi, e-business adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan
secara langsung kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan
produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi
via database terpusat juga dilakukan dalam e-commerce.
Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.
E-commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran
uang dalam transaksi. E-business,
karena lebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary).
Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen
pemasokan, dsb., tercakup
E-business lebih mengenai pembuatan produk besar,
ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk
dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari
proses e-business,
namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan
membeli.
Ringkasan:
1. E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu
bagian dari e-business.
2. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis
seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
3. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan
uang sedangkan dalam e-business,
transaksi uang tidak diperlukan.
4. E-business melibatkan pemasaran, perancangan
produk, evaluasi layanan konsumen, dll.
Komentar
Posting Komentar